Senin, 27 Februari 2012

Cara Menggabungkan File RAR yang dipecah (part.rar)


Cara Menggabungkan File RAR yang dipecah (part.rar) - Salah satu fitur pada WinRAR yang sangat berguna adalah kemampuan winRAR untuk memecah file menjadi beberapa part / bagian. Dengan fitur ini, kita dapat membagi file ke dalam beberapa bagian. Lalu, pertanyannya adalah, "buat apa sih kita membagi file menjadi beberapa part?". Jawabannya adalah:
  • Kalau kita mendownload / mengupload file yang ukurannya  besar (misal 100 MB), pas progressnya sudah 90% (misalnya) atau sudah hampir selesai, tiba-tiba internetnya disconnect atau terjadi error, kita jadi harus mengulangnya dari 0% lagi. Kalau hal tersebut terjadi pasti kesel kan??????? Nah, kalau file .rar nya dibagi dalam beberapa part, kita ga perlu ngulang dari awal lagi.
  • Bagi yang paket internetnya menggunakan kuota, hal ini bisa meminimalisir penggunaan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kalau di tengah jalan downloadnya error ga perlu lagi download dari awal. Jadi hemat kuota kan?
Pertanyaan selanjutnya, "kalau kita mau menggabungkan filenya bagaimana?". 
Caranya gampang banget, yang penting semua file harus kita download semua. Soalnya kalau cuma sebagian, isi filenya tidak bisa dibuka atau diextract. Caranya:
  1. Letakkan semua file dalam folder yang sama.
  2. Kemudian, klik kanan salah satu file, lalu diextract.
  3. Hasilnya, part yang lain akan ikut terextract dengan sendirinya dan bergabung menjadi satu file yang utuh.
Selamat mencoba!

1 komentar: